Banyak Pengunjung

Senin, 02 April 2012

Persiba Balikpapan Lepas Dua Pemain

Persiba Balikpapan (GOAL.com/Bobby Aji)

Menuntaskan putaran pertama kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2011/12, Persiba Balikpapan harus puas bercokol di posisi kesembilan klasemen dengan torehan 23 poin yang didapat dari enam kemenangan, lima hasil seri, dan enam kekalahan. Pencapaian  yang terbilang tidak memuaskan.

Nah, memasuki putaran kedua ISL musim ini, skuad Beruang Madu, julukan Persiba, berusaha melakukan pembenahan, termasuk juga untuk urusan pemain di beberapa posisi yang masih rawan. Dari skuad yang ada sekarang, besar kemungkinan akan terjadi perombakan. Artinya, akan ada pencoretan beberapa pemain yang dinilai tak memberikan konstribusi positif dan bahkan cenderung mubazir.

Meski belum dirilis secara resmi oleh manajemen Persiba, namun kabar yang berhembus kuat, memasuki putaran kedua di mana saat ini tim sedang rehat, dua pemain lokal kabarnya tidak akan diperpanjang kontraknya alias dicoret.

“Belum diputuskan secara resmi, hanya saja ada dua pemain lokal yang dipastikan dilepas manajemen,” ucap salah seorang pengurus di internal Persiba, yang tak ingin disebut namanya.

Usulan dua nama penggawa lokal yang dipastikan bakal terdepak dari skuad Beruang Madu di putaran kedua mendatang, bukan semata-mata keputusan manajemen belaka. “Tapi usulan dua nama pemain tersebut, karena memang yang diusulkan pelatih Peter Butler,” katanya.

Peter Butler, pelatih Persiba, beberapa saat usai kedatangan dari tur pamungkas timnya ke Persiram Raja Ampat bersama jajaran manajemen langsung menggelar rapat evaluasi di Hotel Bluesky, di mana dalam rapat tersebut juga dibahas terkait dengan masalah pencoretan pemain.


Dalam rapat tertutup tersebut, Butler kabarnya tak hanya mengusulkan tiga nama pemain lokal untuk dilepas, namun satu pemain dipertahankan manajemen tim dan pengurus. Dan, satu di antara pemain yang dilepas, memang atas keinginan pemain yang bersangkutan yang ingin pindah klub. Pemain berposisi wing kiri itu ingin mencari klub di daerah asalnya dengan alasan lebih dekat dengan keluarga, serta ingin mendapat kesempatan bermain sebagai pemain inti. Sedangkan satu pemain lagi yang dicoret berposisi sebagai stopper.

Konon dua pemain asing pun masuk dalam sasaran target perbaikan timnya menghadapi putaran kedua. “Memang ada beberapa nama pemain asing yang sempat digulirkan masuk dalam daftar coret. Hanya saja, sepertinya manajemen berat untuk memberikan persetujuan untuk pemain asing,” katanya.

Ya, usulan pencoretan pemain asing memasuki putaran kedua ini memang terbilang riskan. Pertimbangannya, dengan bergulirnya putaran kedua musim ini yang tersisa hanya sepekan, menjadi alasan kecil kemungkinan pencoretan pemain asing. Apalagi, jika dilihat dari jadwal yang dirilis PT Liga Indonesia selaku operator bergulirnya ISL, Persiba sudah harus mengawali putaran kedua dengan dua laga tandang menghadapi Pelita Jaya Karawang (12/4) dan Persib Bandung (15/3).

“Pencoretan pemain asing harus benar-benar dipikirkan. Selain karena waktu yang mepet, mendapatkan pemain pengganti berkualitas tak mudah, belum lagi urusan surat menyurat pemain bersangkutan yang pasti butuh waktu panjang,” beber sumber tersebut.

Saat ini terdapat empat pemain asing Persiba pasca dilepasnya Richard Caceres. Namun, Persiba telah mendatangkan Esteban Guillen sebagai pengganti Caceres. Kabarnya ada dua pemain asing yang masuk daftar coret, dan sebagai gantinya dikabarkan Peter akan mendatangkan dua pemain asing asal Australia berposisi gelandang dan striker.
 
Jamal Al Rasyid selaku manajer pun membenarkan, manajemen telah melakukan rapat evaluasi, di mana di dalamnya juga terdapat usulan terkait pemain yang  masih layak berkostum Persiba dan yang tidak layak.

“Urusan pemain apakah masih layak masuk tim ini atau tidak, merupakan wewenang pelatih. Evaluasi tersebut sudah kami lakukan dan hasilnya ada. Tapi lebih lanjut nanti pengurus yang akan memutuskan,” terang Jamal.

Jamal Al Rasyid menilai, empat pertandingan yang telah dilakoni Peter bersama Persiba, sudah cukup bagi sang pelatih untuk merancang kekuatan tim Persiba guna melakoni laga-laga di putaran kedua mendatang. “Semua berpulang ke Peter juga, empat pertandingan yang sudah dilakoni, tentu ada catatan yang diberikannya kepada pemain,” tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar